Himmah Dalam mengkhatamkan Al Qur'an

Bismillahirrohmanirrohim

Himmah atau semangat haruslah senantiasa kita bina dan pupuk agar ambisi tersebut tidak layu lantas mati.baik ambisi atau semangat dalam membaca Al Qur'an yang mana setiap dari huruf Al Qur'an yang kita baca akan di balas dengan hasanah dari Allah, sebagai mana dalam hadits :
Dari Ibnu Mas'ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah,maka baginya satu hasanah(kebaikan). Dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya.Aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim satu huruf,tetapi alif satu huruf,lam satu huruf, dan mim satu huruf.''(HR Tirmidzi,shohih ghorib).
Shobat... Rasulullah dan para sahabat pada seluruh malamnya sering sibuk dengan tilawah Al Qur'an.Diriwayatkan bahwa Utsman r.a. kadangkala menghatamkan seluruh Al Qur'an hanya dalam satu rakaat sholat witir.Dan Abdullah bin Zubair r.huma sering menghatamkan Al Qur'an dalam satu malam. Sa'id bin jubair rah.a. menghatamkan Al Qur'an dalam dua rakaat shalat di dalam ka'bah.Tsabit banani rah.a. sering menghatamkan Al Qur'an dalam sehari semalam.Abu Hurrah juga sering melakukannya.Abu Syaikh Hana'i rah.a. berkata '' Aku dapat menghatamkan dua Al Qur'an dalam semalam di tambah sepuluh juz,bahkan jika aku mau,aku dapat menghatamkan tiga Al Qur'an.''
Shobat....betapa besar himmah mereka dalam membaca Al Qur'an,hari hari mereka penuh dengan kesibukan membaca Al Qur'an,pagi ,siang,malam,mereka sibuk dengan Al Qur'an.mari coba kita bercermin pada mereka.kita bandingkan himmah kita dalam membaca Al Qur'an dengan himmah mereka,sudah sebesar apa himmah kita dalam bertilawah Al Qur'an...???
Para ahli sejarah menyebutkan bahwa imam Hanifah rah.a. pernah menghatamkan Al Qur'an 61 kali dalam sebulan,yaitu satu kali pada siang hari,satu kali pada malam hari,dan satu kali pada shalat tarawih.
Imam Nawawi rah.a. menulis dalam kitab Al Adzkar bahwa orang yang biasa mengkhatamkan Al Qur'an paling banyak dalam sehari semalam adalah Ibnu Khatib rah.a..Ia selalu mengkhatamkan Al Qur'an delapan kali dalam sehari semalam.
Mansur bin Zadzan rah.a. biasanya juga mengkhatamkan satu Al Qur'an di dalam shalat dhuha dan satu lagi antara zhuhur dan ashar,dan selalu menghabiskan waktu malamnya dengan shalat nafil.Begitu lamanya ia menangis sehingga ujung sorbannya basah oleh air mata.
Semoga Allah memberi taufiq kepada kita sebagai mana mereka dalam bertilawah Al Qur'an. Amiin


referensi :
- fadhilah Al Qur'an,M,Zakaria.
Copyright © 2012 Halaqah Qur'an.