40 Hadits {bag 02}

21.Dari Abu Dzar r.a.,ia berkata, ''Ya Rasulullah,wasiatilah saya.'' Beliau bersabda, ''Bertaqwalah kepada Allah,sesungguhnya takwa adalah pangkal dari semua urusan .'' Saya berkata , ''Ya Rasulullah,tambahkan lagi nasihat untuk saya.'' Beliau bersabda, ''Bacalah Al Qur'an,karna ia adalah nur bagimu di bumi dan simpanan bagimu di langit.'' (HR Ibnu Hibban)

22.Dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah saw bersabda, ''Tidak berkumpul suatu kaum dalam satu rumah dari rumah-rumah Allah,mereka membaca kitab Allah,saling mengajarkannya sesama mereka,kecuali di turunkan kepada mereka sakinah,rahmat menyirami mereka,para malaikat akan mengerumuni mereka,dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di kalangan malaikat yang ada di sisiNya,'' (HR Muslim,Abu Dawud)

23.Dari Abu Dzar r.a., Rasulullah saw.bersabda, ''Sesungguhnya kalian tidak akan kembali kepada Allah dengan membawa sesuatu yang lebih utama selain membawa apa yang keluar dariNya,yakni Al Qur'an.'' (HR Hakim,Abu Dawud)

24.Dari Anas r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Sesungguhnya Allah memiliki keluarga di antara manusia.'' Para Sahabat r.hum bertanya, ''Siapakah mereka ya Rasulullah?'' Sabda beliau, ''Ahli Al Qur'an,mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang istimewaNya.'' (Nasa'i,Ibnu Majah,Hakim,Ahmad)

25.Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Allah tidak pernah mendengar apapun dengan perhatian sebagaimana Dia mendengarkan seorang Nabi yang melagukan Al Qur'an.'' (HR Bukhori,Muslim)

26.Dari Fudholah bin Ubaid r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Allah lebih memperhatikan para pembaca AlQur'an dari pada seorang tuan yang mendengarkan nyanyian hamba wanitanya,'' (HR Ibnu Majah,Ibnu Hibban,Hakim)

27.Dari Ubaidah Al-Mulaiki r.a., Rasulullah saw. ''Wahai Ahli Al Qur'an jangan jadikan Al Qur'an sebagai bantal,dan bacalah dengan sungguh-sungguh pada siang dan malam,sebarkanlah ia,dan bacalah ia dengan suara yang merdu.Renungkanlah isinya agar kamu beruntung,dan janganlah kamu meminta di segerakan upahnya (di dunia),karna sesungguhnya ia memiliki ganjaran (di akherat).'' (HR Baihaqi)

28.Dari watsilah r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Aku diberi Sab'at(Thiwal) sebagai ganti Taurat,dan Mi-'in sebagai ganti Zabur,dan Matsani sebagai ganti Injil,dan Mufashshal sebagai anugrah istimewa bagiku.'' (HR Ahmad)

29.Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a., ia berkata, ''Pernah pada suatu ketika aku duduk dengan sekumpulan muhajirin yang lemah.Dan sungguh,sebagian mereka menutupi dirinya dengan sebagian yang lainnya agar tidak terlihat auratnya,sedang seorang Qori' membacakan (Al Qur'an) kepada kami.Tiba-tiba datanglah Rasulullah saw,lalu berdiri diantara kami.Ketika Rasulullah berdiri,Qori' itu pun diam,beliau memberi salam dan bersabda, ''Apa yang sedang kamu lakukan?'' Kami menjawab, ''Kami sedang mendengarkan bacaan kitab Allah.'' Beliau bersabda, ''Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan sebagian umatku orang-orang yang aku diperintah agar bersabar bersama mereka.'' Abu Said r.a. berkata, ''Kemudian beliau duduk di tengah mengatur kami ,Beliau mengisaratkan dengan tangannya agar kami melingkar,dan wajah kami tertuju kepadanya.Beliau bersabda. ''Bergembiralah ,wahai muhajirin yang miskin(kalian akan mendapatkan)cahaya yang sempurna pada hari kiamat.Kalian akan masuk surga setengah hari lebih dulu dari pada orang-orang kaya,sedang setengah hari (akherat) sama dengan lima ratus tahun.'' (Abu Dawud).

30.Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Barang siapa mendengar satu ayat dari kitab Allah,maka akan di tulis baginya satu kebaikan yang di gandakan.Dan barang siapa membacanya,maka baginya nur pada hari kiamat.(HR Ahmad)

31.Dari Uqbah bin Amir r.a.,Rasulullah saw bersabda, ''Orang yang membaca Al Qur'an dengan suara keras adalah seperti orang yang bersedekah terang-terangan,dan orang yang membaca Al Qur'an dengan suara perlahan adalah seperti orang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi.'' (HR Tirmidzi,Abu Daud,Nasa'i,dan Hakim)

32.Dari Jabir r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Al Qur'an adalah pemberi syafaat yang syafaatnya di terima,dan sebagai penuntut yang tuntutannya di benarkan.Barangsiapa menjadikan Al Quran di depannya,maka ia akan menuntunnya ke surga dan barangsiapa menjadikan Al Qur'an di belakangnya,maka ia akan mencampakkannya ke dalam neraka.'' (HR Ibnu Hibban,Hakim)

33.Dari Abdullah bin Amr r,huma, Rasulullah saw. bersabda, ''Puasa dan Al Qur'an akan memberi syafaat kepada hamba yang mengerjakannya.Puasa akan berkata, 'Wahai Rabbku, aku telah menghalanginya dari makan dan minum pada siang hari, maka terimalah syafaatku untuknya.' Al Qur'an berkata, 'Wahai Rabbku,aku telah menghalanginya tidur pada malam hari,terimalah syafaatku untuknya.Maka kedua syafaat tersebut di terima.'' (HR Ahmad,Thabrani,Ibnu Abi Dunya)

34.Dari sa'id bin sulaim rah.a. secara mursal, Rasulullah saw. bersabda, ''Tidak ada penolong yang lebih utama derajatnya di sisi Allah pada hari kiamat dari pada Al Qur'an,bukan Nabi,bukan malaikat,dan bukan pula yang lain.'' (HR Abdul Malik bin Habib,dalam syarah Ihya)

35.Dari Abdullah bin Amr r.huma, Rasulullah saw. bersabda, ''Barangsiapa membaca Al Qur'an, maka ia telah menyimpan ilmu kenabian diantara kedua lambungnya,sekalipun wahyu tidak diturunkan kepadanya. Tidak pantas bagi hafizh Al Qur'an memarahi seorang pemarah dan bertindak bodoh terhadap orang bodoh,sedang Al Qur'an berada dalam dadanya.'' (HR Hakim)

36.Dari Ibnu Umar r.huma, Rasulullah saw. bersabda, ''Tiga orang yang tidak takut pada hari yang penuh dengan ketakutan dan mereka tidak akan di hisab,mereka berada di atas tumpukan kasturi hingga selesai hisab terhadap semua manusia : (1) Pembaca Al Qur'an semata-mata karena Allah,kemudian ia mengimami suatu kaum dan mereka menyukainya. (2) Da'i yang mengajak shalat semata-mata karena Allah swt. (3) Orang yang menjaga hubungan baik antara dirinya dengan tuannya,,juga dengan bawahannya.'' (HR Thabrani)

37.Dari Abu Dzar r.a., Rasulullah saw. bersabda. ''Wahai Abu Dzar,sungguh kamu pergi pada pagi hari lalu mempelajari satu ayat dari kitabullah itu lebih baik bagimu dari pada kamu shalat seratus rakaat.Dan sesungguhnya kamu pergi pada pagi hari dan mempelajari satu bab dari ilmu,baik diamalkan atau tidak,itu lebih baik dari pada shalat seribu rakaat.'' (HR Ibnu Majah)

38.Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda. ''Barang siapa membaca sepuluh ayat pada malam hari,maka ia tidak akan di tulis sebagai orang yang lalai.'' (HR Hakim,Shahih meurut syarat muslim)

39.Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda. ''Barang siapa menjaga shalat fardhu,maka tidak akan digolongkan sebagai orang yang lalai.Dan barang siapa membaca seratus ayat pada malam hari,maka ia akan di catat sebagai orang yang taat.'' (HR Ibnu Khuzaimah,Al Hakim shahih menurut syarat Bukhori Muslim)

40.Dari Ibnu Abbas r.huma, ketika jibril a.s. turun pada Rasulullah saw., Jibril mengabarkan kepada nabi saw. bahwa akan terjadi banyak fitnah.Beliau bertanya, ''Apakah jalan keluar darinya,wahai Jibril?'' Jawab Jibril,''Kitabullah.'' (HR Razin - Ar Rahmatul Muhdah)
Copyright © 2012 Halaqah Qur'an.