40 Hadits {bag 01}

1.Dari Utsman r.a., Rasulullah saw.bersabda, '' Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya.'' (Bukhari,Abu Daud,Tirmidzi,Nasa'i,Ibnu Majah)

2.Dari Abu Sa'id r.a., bersabda Rasulullah saw., ''Rabb Tabaraka wa Ta'ala berfirman, 'Barangsiapa di sibukkan dengan Al-Qur'an dari pada berdzikir dan berdoa kepada-Ku,niscaya Aku beri ia sesuatu yang terbaik yang Aku berikan kepada orang yang meminta kepada-Ku. Dan keutamaan kalamullah terhadap kalam lainnya seperti keutamaan Allah terhadap makhluk-Nya.'' (Tirmidzi,Darami,Baihaqi)

3.Dari Uqbah bin 'Amir r.a., ia berkata, ''Rasulullah saw. keluar dan menemui kami di Shuffah.Beliau bersabda,'Siapakah diantara kalian yang suka setiap pagi pergi ke pasar Buthan atau Aqiq,kemudian pulang membawa dua ekor unta betina yang berpunuk besar tanpa berbuat dosa atau memutuskan silaturrahim?' Maka kami menjawab, 'Ya Rasulullah,setiap kami menyukainya.' Sabda Beliau, 'Mengapa salah seorang dari kalian tidak pergi pada pagi hari ke masjid lalu belajar atau membaca dua ayat Al-Qur'an,(padahal) itu lebih baik baginya dari pada dua ekor unta betina,tiga ayat lebih baik dari pada tiga ekor unta betina,empat ayat lebih baik dari pada empat ekor unta betina dan seterusnya,sejumlah ayat yang dibaca mendapat sejumlah unta yang sama.'' (Muslim,Abu Daud).

4.Dari Aisyah r.ha.,Rasulullah saw. bersabda, ''Orang yang ahli dalam Al-Qur'an akan bersama para malaikat pencatat yang mulia lagi benar.Dan orang yang terbata-bata membaca Al-Qur'an serta bersusah payah (mempelajari),maka baginya pahala dua kali.'' (Bukhari,Muslim,Abu Daud).

5.Dari Abu Musa r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur'an seperti jeruk manis,baunya harum,rasanya enak.Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur'an seperti kurma,tidak harum tapi rasanya manis.Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur'an seperti bunga yang harum,baunya harum namun rasanya pahit.Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur'an seperti buah pare,tidak berbau dan rasanya pahit.'' (Bukhari,Muslim,Nasa'i,Tir
midzi).

7.Dari Ibnu Umar r.huma, Rasulullah saw. bersabda, ''Tidak di benarkan hasad (iri hati),kecuali terhadap dua orang : Seseorang yang dikaruniai oleh Allah (kemampuan menghafal/membacanya) Al-Qur'an,lalu ia membacanya pada malam dan siang hari.Dan seseorang yang di karuniai harta oleh Allah,lalu ia menginfakkannya malam dan siang hari.'' (Bukhari,Muslim,Tirmidzi,Nasa'i).

7.Dari Umar bin Khaththab r.a.,Rasulullah saw. bersabda, '' Sesungguhnya Allah mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur'an ini dan merendahkan yang lainnya dengan lainnya pula.'' (Muslim).

8.Dari Abdurrahman r.a.,dari Nabi saw., ''Tiga hal yang akan berada di bawah 'Arsy Ilahi pada hari kiamat: (1) Al-Qur'an yang akan membela hamba Allah.Ia memiliki zhahir dan batin. (2) Amanah, (3) Silaturrahim yang akan berseru,''Ingat, siapa yang menghubungkan aku,Allah swt. akan menghubunginya.Dan siapa yang memutuskanku,Allah akan memutuskannya.'' (Dari Syarhussunnah)

9.Dari Abdullah bin Amr r.huma,Rasulullah saw. bersabda, ''Akan dikatakan kepada ahli Al-Qur'an (pada hari Kiamat), 'Bacalah dan terus naik,bacalah dengan tartil seperti kamu membacanya ketika di dunia. Sesungguhnya tempatmu adalah di akhir ayat yang kamu baca.'' (Ahmad,Tirmidzi,Abu Daud,Nasa'i,Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban).

10.Dari Ibnu Mas'ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah,maka baginya satu hasanah(kebaikan). Dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya.Aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim satu huruf,tetapi alif satu huruf,lam satu huruf, dan mim satu huruf.''(Tirmidzi).

11.Dari Mu'adz Al-Juhanni r.a.,Rasulullah saw. bersabda, ''Barang siapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya,maka kedua orang tuanya akan di kenakan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya melebihi cahaya matahari seandainya ada di dalam rumah-rumah kalian di dunia ini,maka bagaimanakah perkiraanmu mengenai orang yang mengamalkannya???'' (Ahmad,Abu Daud - At-Targhib)

12.Dari Uqbah bin Amir r.a., ia berkata, ''Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, ''Seandainya Al-Qur'an diletakkan dalam kulit,lalu kulit itu di campakkan ke dalam api,niscaya ia tidak akan terbakar.'' (HR Daromi)

13.Dari Ali Karomallahu wajhahu, Rasulullah saw. bersabda, ''Barang siapa membaca Al-Qur'an dan menghafalnya,dan menghalalkan apa yang di halalkannya dan mengharamkan apa yang di haramkannya,maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan menjaminnya untuk memberi syafaat bagi sepuluh orang keluarganya yang wajib masuk neraka.'' (HR Ahmad,Tirmidzi)

14.Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Belajarlah Al Qur'an dan bacalah ia.Sesungguhnya perumpamaan Al Qur'an bagi orang yang mempelajarinya,lalu membacanya dan mengamalkannya adalah seperti sebuah kantong terbuka yang penuh dengan kasturi,baunya semerbak menyebar keseluruh tempat.Dan perumpamaan orang yang belajar Al Qur'an tetapi tidur,sedang Al Qur'an berada di hatinya,adalah seperti kantong penuh kasturi yang mulutnya tertutup.'' (HR Tirmidzi,Nasa'i,Ibnu Majah,Ibnu Hibban)

15.Dari Ibnu Abbas r.huma,Rasulullah saw. bersabda, ''Sesungguhnya orang yang di dalam hatinya tidak ada sedikit pun dari Al Qur'an adalah seperti rumah yang kosong.'' (HR Tirmidzi)

16.Dari Aisyah r.ha., bahwa Nabi saw. bersabda, ''Bacaan Al Qur'an di dalam sholat lebih baik daripada bacaan Al Qur'an di luar sholat.Bacaan Al Qur'an di luar sholat lebih baik dari pada membaca tasbih dan takbir.Membaca tasbih lebih baik dari pada sedekah.Sedekah lebih baik daripada puasa.Dan puasa adalah perisai dari api neraka.'' (HR Baihaqi)

17.Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, ''Sukakah seseorang diantara kalian,jika pulang ke rumahnya mendapatkan tiga ekor unta betina yang bunting lagi gemuk?'' Kami menjawab, ''Tentu.'' Beliau bersabda,''Tiga ayat Al Qur'an yang di baca oleh seseorang di antara kalian di dalam sholatnya lebih baik baginya dari pada tiga ekor unta yang bunting dan gemuk.'' (HR Muslim)

18.Dari Utsman bin Abdullah bin Aus Ats-Tsaqofi,dari kakeknya r.a.,Rasulullah saw. bersabda,''Bacaan Al-Qur'an seseorang tanpa melihat mushaf adalah seribu derajad dan bacaannya dengan melihat mushaf akan dilipatkan sampai dua ribu derajat.'' (HR Baihaqi)

19.Dari Ibnu Umar r.huma,Rasulullah saw. bersabda, ''Sesungguhnya hati itu berkarat sebagaimana besi berkarat jika terkena air.'' Tanya sahabat, ''Ya Rasulullah,apakah pembersihnya?'' Sabda beliau, ''Banyak mengingat maut dan membaca Al Qur'an.'' (HR Baihaqi)

20.Dari Aisyah r.ha., Rasulullah saw. bersabda, ''Sesungguhnya kebanggaan bagi umatku dan kemuliaannya adalah Al-Qur'an.'' (HR Abu Nu'aim)
Copyright © 2012 Halaqah Qur'an.