Tips Khatam Alquran selama Ramadan

Ramadan telah memasuki hari ke-11. Namun, target untuk mengkhatamkan Alquran sepertinya jauh dari harapan Anda. Padahal sebelumnya, kita berharap dapat mengkhatamkan bacaan Al Quran di akhir Ramadan, apalagi jika khatam beberapa kali.



Ada tiga tips yang bisa Anda ikuti agar tadarus Alquran bisa tercapai sebelum Ramadan berakhir seperti VIVAnews kutip dari The Collar Corner.

1. Sesuaikan dengan jumlah juz Al Quran

Al-Qur’an terdiri dari 30 juz dengan panjang masing-masing juz yang bervariasi. Ada beberapa juz yang memuat beberapa surah namun seperti juz ke-1 yang terdiri dari dua surah, yaitu surah Al Fatihah dan Surah Al Baqarah hingga ayat 141.

Bila memilih tadarus berdasarkan juz, tamatkan satu juz dalam satu waktu misalnya setelah salat tarawih atau setelah salat subuh. Targetkan untuk menghabiskan satu juz setiap hari.

2. Sesuai dengan lembar juz dalam Al Quran

Jika terasa agak sulit menamatkan Alquran satu juz sehari, pertimbangkan untuk membagi jumlah lembar al Quran. Tujuannya agar Anda mengetahui berapa lembar yang harus Anda baca setiap hari agar hingga akhir Ramadan Anda telah khatam.

Rata-rata, satu juz terdiri dari 7-8 lembar atau ada yang lebih banyak. Anda bisa membacanya setiap selesai salat wajib. Jika satu juz terdapat 10 halaman, bacalah dua lembar masing-masing setelah salat wajib. Ini tentu terasa lebih ringan.

3. Tips dengan jumlah lembar Al-Qur’an

Jumlah lembar di tiap Al-Qur’an bisa berbeda-beda tergantung ukuran Al Quran. Sebagai contoh ada Al-Qur’an berjumlah 604 lebar. Agar bisa khatam dalam 29 hari misalnya, dalam sehari harus menghabiskan 21 lembar. Dari situ, Anda bisa membaca Alquran di waktu-waktu yang bervariasi dan waktu senggang.
Copyright © 2012 Halaqah Qur'an.